Thursday, June 8, 2017

Makam Panglima Kebanggaan Sunan Gunung Jati Dibongkar, Warga Protes


Makam keramat panglima kebanggan Sunan Gunung Jati dibongkar pemilik gedung. Foto: Fazri/radarcirebon.com
CIREBON – Warga Sukalila Selatan Kebon Blimbing, Kelurahan Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon dihebohkan pemindahan makam keramat Ki Buyut Suradinaya ke TPU Kemlaten.
Warga menilai, pemindahan makam kramat itu dilakukan secara sepihak oleh Irwan Sumawi melalui kuasa hukumnya Baron Prakoso. Menurut kuasa hukum mereka, makam tersebut dipindah karena berada di dalam gedung milik Irwan Sumawi.
Salah seorang warga setempat, Safarudin menjelaskan, kejadian pemindahaan makam itu, pertama kali diketahui oleh warga yang hendak berziarah ke makam tersebut pada 19 Mei 2017 lalu.
“Jelang bulan puasa kan banyak warga yang ingin ziarah ke makam itu. Kemudian mereka kaget, saat diberitahu bahwa makam Ki Buyut Surdinaya sudah dipindahkan ke TPU Kemelaten,” jelas Safarudin, Senin (5/6).
Lebih lanjut Safarudin menjelaskan, dirinya bersama warga laninya meminta agar makam tersebut segera dikembalikan ketempat semula.
“Kami berikan waktu sampai hari Rabu besok untuk segera mengembalikan makam itu ketempat asalnya. Kalau tidak dipindahkan, kami bersama Laskar Macan Ali yang akan memindahkan,” ungkap Safarudin.
Selain menutut pengembalian makam, Safarudin juga meminta agar pelaku yang memindahkam makam keramat tersebut meminta maaf melalui media. Sehingga, semua orang mengetahui hal tersebut.
“Kami dulu sudah minta kepada pemilik gudang supaya tidak memindahkan makam keramat tersebut. Itu cagarbuadaya yang dilindung undang-undang. Toh,kami cuma ziarah seminggu sekali saja,” ucap Safarudin.
Ki Buyut Suradinaya, diketahui merpuakan salah satu panglima perang kebanggaan Sunan Gunung Jati, yang ikut berperang dalam penyebaraan ajaran Islam di wilayah Cirebon Timur. (fazri)
sumber : radarcirebon.com

Koleksi produk-produk digital keren dan dahsyat, spesial buat para pencinta bisnis online dan jawara-jawara marketing online. Silakah klik gambarnya dan pelajari kegunaanya !
SEMOGA BERMANFAAT.


                                                              
   SUPER DATABASE  master-blogger                                  Hasil gambar untuk SEO and SEM        


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment