Thursday, June 8, 2017

Hore...Mudik Lebaran 2017 Sudah Bisa Tembus Tol Jakarta-Semarang !

Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat menginspeksi Brexit alias Gerbang Tol Brebes Timur pada Rabu 7 Juni 2017 (Foto: Antara)




WALAU Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah masih terbilang lama, tapi buat yang mau mudik, bisa mulai siap-siap nih. Terutama para calon pemudik yang akan pulang kampung lewat jalur darat selain kereta api (KA), lebih spesifik lagi di sekitaran Pulau Jawa.
Selain jalur pantai utara (pantura) dan jalur selatan, jalur tol dari Jakarta sampai Semarang sepertinya sudah akan bisa dilalui, sudah operasional. Setidaknya pemudik akan bisa menghindari titik-titik macet antara Brebes, Tegal, hingga Alas Roban di Kabupaten Batang.
Pasalnya jalur tol yang sambung-menyambung dari Jakarta sudah bisa mencapai Weleri, Kabupaten Kendal. Ya, jadi kalau masuk Tol Cipali, enggak cuma sampai Brexit alias (Pintu Tol) Brebes Timur lagi, tapi sudah sampai Weleri yang juga sudah dekat banget ke Semarang.
Jalan Tol Brebes Timur-Batang diyakini sudah akan bisa dilalui pada H-10 Lebaran. Jalur tol sepanjang 110 kilometer (Km) itu beralaskan lean concrete atau beton tipis dengan delapan gerbang keluar tol. Seperti Ujung Rusi, Karang Jati, Warureja, Sewaka, Beji, Bojong, Kandeman serta Gringsing di Kabupaten Batang.
"Dengan berfungsinya tol dari Brebes Timur sampai Weleri, para pemudik sudah melewati beberapa kota yang selama ini menjadi simpul kemacetan seperti Brebes, Tegal, Pekalongan dan Batang termasuk beberapa perlintasan sebidang kereta api," terang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono, dalam keterangan resminya, Senin 5 Juni 2017.
Tapi sampai sekarang belum ada kejelasan lebih lanjut, soal apakah jalur tol itu benar-benar sudah bisa sampai Semarang. Dalam artian, jalur lanjutan Batang-Semarang yang so far, masih ada perbedaan pendapat.
Pada Sabtu 3 Juni 2017 lalu, pihak Polres Batang menyatakan bahwa tol fungsional Batang-Semarang (Weleri) sudah bisa dilewati kendaraan kecil pada H-7 Lebaran.
"Bukan H-10, kami pastikan mulai digunakan tol fungsional Batang-Semarang (Weleri) pada H-7 Lebaran," ujar Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono, Sabtu 3 Juni.
Tapi Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Condro Kirono juga punya pernyataan lain. Kapolda Jateng menyatakan jalan tolnya baru bisa sampai Gringsing. Sementara dari Gringsing ke Semarang masih berklasifikasi tol darurat dan baru bisa dioperasionalkan H-10.
"Dari Gringsing hingga Krapyak (jalan tol) masih berupa tanah dan berdebu. Klasifikasi sebagai tol darurat. Targetnya pada H-10 Lebaran, jalan tol sepanjang 110 kilometer dari Brexit- Gringsing sudah bisa digunakan,” timpal Irjen Condro Kirono, Selasa 6 Juni.
Lebih menggembirakan lagi buat para pemudik yang meneruskan perjalanan ke timur dari Semarang, yakni ke arah Surabaya. Karena jalan tol Semarang-Surabaya juga sudah rampung dan akan difungsikan ruas Salatiga-Kartasura, Widodaren-Klitik (Ngawi), Gunungan (Magetan)-Sawahan (Nganjuk), Kedungjati (Grobogan)-Purworejo, serta Wilangan (Nganjuk)-Kertosono.
Untuk transaksi tol Semarang-Surabaya, masih dilakukan pengkajian yang efektif oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Sementara untuk jalur “sambung-menyambung” Jakarta-Semarang yang harus melewati delapan ruas tol, begini perhitungannya:
- Cikarang Utama-Cikopo: Rp13.500,-
- Cikopo-Palimanan: Rp96.000,-
- Palimanan-Kanci: Rp11.500,-
- Kanci-Pejagan: Rp24.500,-
- Pejagan-Brebes Timur: Rp20.000,-
- Brebes Timur-Pemalang: Fungsional (Gratis!)
- Pemalang-Batang: Fungsional/Darurat (Gratis!)
- Batang-Weleri (Kendal): Fungsional/Darurat (Gratis!)
Kalau ditotal dari Cikarang Utama-Brebes Timur, ya jadi sekiranya Rp165.000. Itu belum dipotong diskon 20% kalau pengendara menggunakan E-Toll atau pembayaran nontunai.
“Kendaraan yang akan ke Surabaya bisa melalui Tol Semarang-Salatiga dan selanjutnya juga terdapat beberapa jalan tol yang fungsional (gratis),” ungkap Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna.
Pun begitu potensi kemacetan sudah tentu ada. Terlebih mengingat ketika jalan Tol Cipali dibuka beberapa tahun lalu, tak terhitung kendaraan yang tertarik ingin menjajalnya.
Nah, untuk mengurangi volume kemacetan, terlebih di titik Tol Brexit alias Brebes Timur, pemudik disarankan untuk menggunakan pembayaran nontunai. Satu lagi yang perlu diingat, utamakan selamat dan sabar, serta tidak nafsu srobot sana srobot sini!
(raw)
sumber : okezon.com

Koleksi produk-produk digital keren dan dahsyat, spesial buat para pencinta bisnis online dan jawara-jawara marketing online. Silakah klik gambarnya dan pelajari kegunaanya !
SEMOGA BERMANFAAT.


                                                              
   SUPER DATABASE  master-blogger                                  Hasil gambar untuk SEO and SEM        

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment