Thursday, October 13, 2016

Ribuan Jamaah akan Hadiri Cirebon Bersalawat

Ribuan Jamaah akan Hadiri Cirebon Bersalawat



KESAMBI – Membumikan salawat di tanah wali. Adalah sebuah misi dari acara Cirebon Bersawalat. Rencananya, acara rutin tahunan ini akan digelar di Alun-alun Kejaksan, Sabtu (15/10) mendatang. Seperti yang diketahui, Cirebon Bersalawat digelar dalam rangka haul Sunan Gunung Jati dan Majelis Taklim Annadwah.
Biasanya, puluhan ribu umat muslim, khususnya Syekher Mania, tumpah ruah mengikuti salawatan yang dipimpin Habib Syekh Abdul Qodir Assegaf itu. “Tahun ini merupakan tahun kesembilan Cirebon Bersalawat dilaksanakan,” ujar Ketua Syekher Mania Cirebon, Didi Sunardi SE saat ditemui di Majelis Taklim Annadwah.
Sebagai pelaksana, kata Didi, Majlis Taklim Annadwah terus melakukan persiapan. Didi memperkirakan, puluhan ribu Syekher Mania akan memadati Alun-alun Kejaksan untuk mengikuti Cirebon Bersalawat. Tak hanya Syekher Mania asal Cirebon, melainkan dari beberapa daerah lainnya di Jawa Barat dan Jawa Tengah. “Selain dari Ciayumajakuning, termasuk juga dari Subang, Karawang, Purwakarta dan dari beberapa daerah di Jawa Tengah,” katanya.
Didi menambahkan, sebagai warga Cirebon pihaknya merasa bertanggungjawab untuk mengamalkan ajaran yang dibawa Sunan Gunung Jati. Salahsatunya bersalawat. “Kita sebagai anak cucu Sunan Gunung Jati, punya tanggungjawab untuk menjalankan titahnya. Sekaligus membumikan salawat di tanah wali,” terangnya.
Senada dengan yang disampaikan Koordinator Pelaksana Cirebon Bersalawat, Dedi Kampleng. Menurutnya, Cirebon Bersalawat digelar sebagai salahsatu wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. Selain itu, sebagai bentuk penghormatan terhadap Sunan Gunung Jati. “Tanpa Sunan Gunung Jati, mungkin tidak ada Islam di Cirebon, bahkan di tanah Jawa,” ujarnya.
Ia menambahkan, sebelum pelaksanaan, pihaknya akan melakukan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati. “Di makam Sunan Gunung Jati, para jamaah Majlis Taklim Annadwah akan berdoa bersama,” pungkasnya. (mik)
sumber : radarcirebon.com










Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment